Pasien Torticolis, Philadelpia Collar

Kali ini aku akan membahas tentang Cervical Orthosis, hari ini aku mendapat pasien anak laki-laki berumur 8 tahun, dia datang bersama orang tuanya. clinical assesment dilakukan, dan akhirnya diagnosis menunjukkan bahwa anak tersebut mempunyai kecacatan Torticolis, yg dikarenakan otot sternocleidomastoid (otot leher) yg pendek, tegang, atau terlalu kuat pada sisi kanan pasien, hal ini menyebabkan kepala pasien miring ke sisi kanan. operasi pemanjangan otot telah dilakukan, dan pasien datang untuk mendapatkan Orthotic intervention.
aku akan membahas Orthotic Treatment Goal, Treatment objectives, Prescription, Justification of Prescription, Education to Patient

Treatment Goal
untuk kasus torticolis, perawatan dikatakan sukses, jika kepala bisa tegak, tidak miring kesalah satu sisi.

Treatment Objectives
tujuan perawatan adalah untuk:
1. mengurangi ketegangan otot sternocleido mastoid
2. mencegah agar kecacatan tidak bertambah parah
3. mengkoreksi atau mengurangi kecacatan yang menyebabkan kepala miring kesisi kanan.
4. mencegah agar tidak terjadi kecacatan lebih lanjut (scoliosis)

torticolis pada anak ini disebabkan karena otot sternocleido mastoid sisi kanan lebih pendek dan tegang, sedangkan otot sternocleidomastoid sisi kiri lebih panjang dan relaxed. jadi koreksi yang dibutuhkan adalah memanjangkan & membuat relaxed otot sternocleidomastoid kanan, dan memendekkan & membuat lebih kuat otot sternocleidomastoid kiri. jika kecacatan tidak terlalu berat, hal ini bisa langsung dilakukan dengan pengaplikasian Orthosis (orthotic intervention, tapi jika kecacatan terlalu berat, dan Fixed, maka Surgery (operasi) dibutuhkan, setealah operasi, Orthose harus diberikan agar pengkoreksian yg telah tercapai dengan operasi bisa terjaga, dan kecacatan tidak kembali seperti semula. bagaimana jika pasien enggan menggunakan orthosis? jawabnya, hal yg kemungkinan akan terjadi adalah, otot yg telah diperpanjang dgn operasi tersebut bisa kembali ke posisi semula, dan pasien akan kembali memiliki kecacatan, yaitu kepala miring kesalah satu sisi dimana otot sternocleidomastoid lebih kuat. maka dari itu, pengaplikasian orthosis harus diberikan sesegera mungkin utk mencegah hal-hal tersebut.

Prescription
orthosis yang diperlukan untuk pasien ini adalah Philadelpia Collar terbuat dari Platozote dgn ketebalan 10mm, dan diluarnya Polypropelene Plastic dgn ketebalan 3mm.

Justification of Prescription
Philadelpia ColLar diberikan kepada pasien karena, untuk mengkontrol gerakan didaerah leher, kontrol Lateral Flexion (gerakan kepala miring ke kanan) dari Cervical Vertebra didapat dr Plastozote yang melingkari leher, bagian atas sebatas Dagu, dan Bagian bawah sebatas Bahu,jadi orthose ini akan menjaga pergerakan Lateral flexion. Plastozote ini cukup soft, untuk kenyamanan pasien. dan bagian luar dilapisi Polypropelene 3mm agar lebih Rigid, kuat. karen jika hanya Plastozote, tanpa Polypropelene (seperti pada Soft collar), maka orthose akan terlalu soft, dan akan terkompres, shg kontrol lateral flexion tidak akan tercapai.

Education to patient
sebelumnya, harus dijelaskan kepada pasien, bahwa, pasien harus memakai orthose ini 23 jam sehari, bisa dilepas saat mandi. tp hars dipakai saat tidur jg. pasien harus sabar, karena dgn memakai orthose, dia akan merasa agak terganggu, krn gerakan leher terbatas, dan saat makan jg akan agak terganggu, tapi itu semua untuk kebaikan pasien, agar cepat sembuh. pasien harus kembali utk follow up setelah 3 bulan, utk mengetahui perkembangan pasien.
Kali ini aku lupa untuk memfoto pasien, lain kali insyaAllah aku akan mengambil foto dari pasien, agar lebih informatif.
bagi temen2 yang baca, silakan beri saran, kritik, komentar, dll agar aku bisa belajar lebih baik. terimakasih

3 responses to “Pasien Torticolis, Philadelpia Collar

  1. oh.. bagus artikelnya..

  2. asswrwb..
    mas bagus tuh artikelnya…
    keep fighting….
    ganbatte kudasai….

  3. ok, terimakasih..

Terima kasih telah memberi komentar, untuk mendapat balasan komentar lebih cepat, silakan kirim email ke info@kuspito.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s