apakah orthotic, orthosis, orthotist itu? part 01: objectives, terminology, fungsi, FO, AFO

Objectives
* setelah selesai membaca ini, diharapkan anda bisa mendifinisikan Orthosis
* paham akan dasar-dasar orthotic dan tatabahasa orthitic umum
* paham akan Goal / tujuan orthotic
* membedakan antara jenis2 orthoses
* mampu untuk memilih tipe orthosis

Orthotist
Orthotist adalah Profesional yang spesial dalam design (desain, fabrication (pembuatan, fitting (pemasangan),alignment,adjustment (pengepasan) orthoses.

Orthosis
orthosis adalah segala alat yang ditambahkan ke tubuh untuk menstabilkan atau immobilize bagian tubuh, mencegah kecacatan, melindungi dari luka, atau membantu fungsi dari anggota tubuh.

Beberapa Fungsi Orthosis

* memperbaiki atau mengkoreksi alignment anggota tubuh.
* membantu atau mengkontrol pergerakan sendi
* penyangga, maka dari itu mengurangi beban
* pelindung dari gangguan fisik

Orthose Anggota Gerak Bawah

FO foot orthosis
AFO ankle foot orthosis
KO knee orthosis
KAFO knee ankle foot orthosis
HKAFO hip knee ankle foot orthosis
HO hip orthosis

FO (foot orthosis)-
orthose telapak kaki
* ketika telapak kaki tidak bisa diposisikan normal, FO bisa digunakan untuk mengganjal telapak kaki pada kecacatan tetap, FO ini disebut Accommodative FO, yaitu FO yg mengakomodasi kecacatan.
* membantu telapak kaki untuk mencapai posisi Normal (netral), orthosis ini disebut Corrective FO. yaitu FO yang memberi koreksi
* mengurangi beban dari jaringan lunak atau memberikan total contact
* kadang harus dibuat sesuai pasien, atau kadang siap pakai
Foot Orthosis
Heel Pads

UCBL
University of California Biomechanics Laboratory (UCBL)
design total contact, terbuat dari plastic
Rigid plastic total contact design
Hind foot / mid foot correction
Heel cup extends proximal to inframalleolar area and distally to the metatarsal heads

AFO (ankle foot orthosis)
orthosis yang paling sering dijumpai
Metal bars
Total Contact
Floor reaction
Unweighting
Immobilizing
kebanyakan FO bisa dgn sendi maupun tanpa sendi

SMO
Supra Maleolar Orthosis
desain Low profile yang sampai diatas mata Kaki
tidak setinggi FO standar dalam hal Trim lines


Metal Bars
sering digunakan dalam kasus yang spesifik, yaitu Post-polio, Neuropathic feet

6 responses to “apakah orthotic, orthosis, orthotist itu? part 01: objectives, terminology, fungsi, FO, AFO

  1. compact excavator

    not bad.

  2. ok. I found an information here that i want to look for.

  3. thanks..

  4. 😀 mampir

  5. wis ketemu kang…aku ajar gawe blog…maklum anak desa jadinya ya gini… ilmu ki pancen gak terbatas tenan….

  6. hmm.. sip lah.. ilmu ga ada batasnya.. bisa belajar dari siapapun dan dr manapun.. hehehe.. thanks dah mampir

Terima kasih telah memberi komentar, untuk mendapat balasan komentar lebih cepat, silakan kirim email ke info@kuspito.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s