kaki palsu untuk amputasi atas lutut

kesedihan terlintas di wajah Minhad Shah, seorang penjaga toko berumur 24 tahun ini, kehilangan kaki kanannya saat dia berumur 4 tahun. saat ia masih kecil, dia terpaksa harus kehilangan kaki kanan nya sebatas paha (transfemoral amputation) disebabkan terjadinya perselisihan antara keluarganya, yg mengakibatkan peluru dari pistol mendarat di kaki kanannya.
saat itu dia dibawa ke Lady Reading Hospital yang terletak di kota Peshawar, Pakistan. sejak saat dia tidak bisa beraktifitas layaknya anak-anak kecil lainnya. dia begitu sedih meratapi nasibnya. samapai pada suatu hari, ditahun 1992, dia mendapat kaki palsu (tansfemoral Prosthesis) dari Khyber Teaching hospital oleh donatur dari Jerman.

mulai saat itu, dia merasa mendapatkan kehidupannya kembali, dia bisa beraktifitas dan bermain2 bersama temen2 nya. tapi dia harus menghadapi kenyataan bahwa kaki palsu tersebut tidak bisa digunakan selamanya. Dengan bertambahnya umur, dia harus mengganti kaki palsunya, karena ukuran stump yang membesar, dan perkembangan tubuhnya.
untunglah PIPOS (Pakistan Institue of Prosthetic & Orthotic Sciences) berkenan menjadikan dia sebagai Pasien utk Latihan Mahasiswa2 PIPOS dalam pengajaran P&O. mulai saat itulah dia mendapatkan kaki palsu baru saat Module pembelajaran Transfemoral Prosthesis diadakan di PIPOS tiap tahunnya. alangkah sulit bagi dia utk membayar kaki palsu, karena keadaan ekonomi yang lemah.
Di tahun ini, dia datang ke PIPOS, saat Transfemoral Prosthesis Module dimulai, dia datang ke PIPOS dengan wajah yg sedih. “tolong bikinkan aku kaki palsu baru, karena kaki palsu ku yang lama sudah mulai tidak nyaman dipakai dan terlalu pendek” ujarnya. Sebagai mahasiswa PIPOS semester 6, aku pun mulai melakukaan Clinical Assessment, diagnose, dan Prescription. Lalu mulailah aku melakukan Pengegipan (casting), dan selanjutnya pembuatan kaki palsu tersebut. saat kaki palsu tersebut aku pasang ke stump nya, dia merasa nyaman, dan dia menyukainya. terlihat senyum diwajahnya. “terimakasih banyak” ujarnya. aku merasa bahagia bisa membantunya. sekarang dia bisa beraktifitas kembali dengan nyaman. (Nur Rachmat)

Minhad dengan kaki palsu barunya

minhad & aku

terlihat senyum diwajahnya.

One response to “kaki palsu untuk amputasi atas lutut

Terima kasih telah memberi komentar, untuk mendapat balasan komentar lebih cepat, silakan kirim email ke info@kuspito.com

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s